Allahu Akbar!!! Ibka Sapu Juara MHQ Kategori 20 Juz Putra dan Putri

PONDOK Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember kembali menorehkan prestasi gemilang di ajang MusabaqahTilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Jember. Dua santri Ibka berhasil menjadi juara 1 di lomba Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) kategori 20 juz putra dan putri.

Dalam lomba yang diselenggarakan Sabtu – Ahad (1-2/12) lalu, santri putra M. Afif Zain menjadi juara 1 MHQ kategori 20 juz. Lalu, Asma Karima, santri putrid Ibka, juara 1 MHQ kategori 20 juz.

Selain Afif dan Asma, santri lainnya yang berhasil menjadi juara di ajang ini adalah Mustofa Syafiq, santri putra, juara 2 tafsir Bahasa Inggris. Lalu, santri putrid Yasmin juara 2 MHQ kategori 10 juz dan Muhammad Bayhaqi, santri putra, juara 3 MHQ kategori 10 juz.

Selain mendapat trofi, para santri juga mendapatkan uang pembinaan. “Kami bersyukur anak-anak masih bisa menunjukkan prestasinya, mengikuti jejak banyak kakak angkatannya yang juga sering menjadi juara di berbagai lomba, baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Bahkan, internasional,” kata Ustadz Abu Hasanuddin, SPd, Al Hafidz, mudir Ibka.

Dia berpesan agar santri-santrinya tidak cepat puas diri. Prestasi yang sudah ditorehkan itu harus ditingkatkan. “Kalau sudah di tingkat kabupaten, ya harus bisa meraih prestasi yang sama di tingkat provinsi, nanti nasional. Setelah itu, internasional,” pesannya.

Sebelumnya, Ahmad Saifudin Amin, santri pengabdian Ibka putra, berhasil menjadi juara 1MHQ kategori 25 juz antar pesantren se-ASEAN, di Jakarta (12/11) lalu. Amin sudah puluhan kali menjuarai berbagai lomba Alquran, baik individu maupun beregu, di berbagai ajang. Baik tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *