Duo Afif Juarai MHQ di Banyuanyar

 

DUA orang mahasantri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember berhasil menjuarai Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) di Pondok Pesantren Banyuanyar, Madura, akhir pekan lalu. Kedua mahasantri itu adalah Afif Abdillah dan Afif Zen.

Afif Abdillah berhasil menjadi juara 3 kategori 20 juz. Sedangkan Afif Zen menjadi juara 2 kategori 30 juz. “Alhamdulillah, berkat doa semuanya dan para asatidz di pondok,” kata Afif Zen.

Atas prestasinya itu, keduanya berhak meraih penghargaan berupa trofi dan uang tunai. Meski demikian, Afif Zen mengaku akan terus belajar dan berusaha lebih baik lagi dalam even yang lain.

Mudir PPA Ibka Jember Ustadz Abu Hasanudin, SPd, Al Hafidz, mengaku bersyukur dan bangga dengan capaian kedua santrinya tersebut. Dia berharap, prestasi itu bisa menjadi penyemangat bagi santri-santri yang lain.

Di sisi lain, Ustadz Abu bahagia karena proses kaderisasi di arena-arena lomba Alquran berjalan dengan baik. Prestasi yang diraih santri yang lebih senior bisa diturunkan dan ditransformasi kepada santri-santri yang lebih junior.

“Satu hal lagi, jangan sampai prestasi ini menjadikan kita takabur dan lupa untuk terus tawadhu. Jaga keikhlasan hati. Jangan menghafal Quran demi menang lomba. Dan saya yakin anak-anak tidak punya pikiran ke arah sana,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *