Allahu Akbar! Santri Ibka Hafal Dua Ribuan Hadits dalam Sebulan

 

Allahu Akbar! Kabar gembira itu datang Sabtu (27/6) lalu. M. Afif Zain Abdillah, mahasantri Pondok Pesantren Alquran Ibnu Katsir (Ibka) Jember, menjadi peserta terbaik dalam dauroh hafalan hadits di Bogor.

Dalam penutupan acara yang telah berlangsung sejak sebulan lalu itu, Afif diganjar hadiah umrah. Sebab, dia berhasil menghafal sekitar dua ribuan hadits selama dauroh. “Bukan hanya umrah, Afif bisa melanjutkan hafalan haditsnya di Madinah,” ujar Ustadz Ahmad Saifuddin Amin, S.Ag, Al Hafidz, pembina lomba Alquran di Ibka.

Melihat latar belakang Adid, capaian mahasantri asal Kalisat itu sangat istimewa. Bukan sekadar berhasil menjadi peserta terbaik dan menghafal hadits tercepat.

Tetapi, kata Ustadz Amin, Afif baru mondok setelah di Ibka. Dari SD sampai SLTA, Afif menempuhnya di sekolah umum. Malah, saat SLTA, Afif sekolah di SMK jurusan pemasaran.

Begitu mondok di Ibka, dalam tempo 1,5 tahun Afid sudah bisa setoran sekali duduk 30 juz. “Dia termasuk yang tercepat menyelesaikan hafalan di angkatannya,” ungkapnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *