Pembentukan Karakter Santri Terus Diperkuat

Foto: Kegiatan dauroh di pondok Ibnu Katsir Putra Jember.

 

PROGRAM pembentukan karakter para santri di lingkungan Ibnu Katsir Jember terus diperkuat. Pondok memberi perhatian penuh dalam program yang fokus menguatkan karakter dan akhlak santri.

Di Pondok Pesantren Alquran Ibnu Katsir Putra Jember, misalnya. Tiap hari Sabtu adalah waktunya pelaksanaan program pembentukan karakter. Setiap santri yang telah dibagi ke masing-masing pembina menjalani program yang telah ditetapkan pesantren.

Tidak hanya itu. Setiap Sabtu pula diadakan dauroh. Tema kajiannya lebih kepada wawasan keislaman dan kebangsaan. “Bagi kami, program pembentukan karakter ini penting karena sangat menentukan akhlak dan mental santri,” kata Ustadz Neman Agustono, SPdI, mudir pondok Ibnu Katsir Putra Jember.

Bahkan, bulan lalu Ibnu Katsir menyelenggarakan kegiatan perkemahan santri. Diikuti oleh semua santri putra mulai dari jenjang SMP, SMK, dan santri putra. Di perkemahan itu para santri digembleng fisik dan mentalnya.

Untuk memupuk rasa cinta tanah air, di HUT RI ke-74 lalu juga dilaksanakan kegiatan upacara bendera yang diikuti semua keluarga besar Ibnu Katsir yang berlokasi di Jember. Santri dan asatidz mengikuti upacara bendera tersebut.

Saat masa orientasi santri baru, pesantren juga mengundang anggota TNI untuk menggembleng kedisiplinan santri. Wujudnya dengan melatih baris-berbaris dan wawasan kebangsaan. (*)

Foto: Kegiatan dauroh di SMK Ibnu Katsir Jember di Rembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *