Uji Publik Hafalan al-Qur'an dan Bacaan Kitab Calon Wisudawan

Setelah menyelesaikan tasmi’ bersama teman dan tasmi’ bersama keluarga, para calon wisudawan memasuki babak akhir ujian yang harus mereka jalani, yaitu uji publik. Bukan hanya teman dan keluarga yang menguji mereka, namun kali ini pengujinya adalah para asatidz senior yang memiliki prestasi juara di kejuaraan tahfizh hingga tingkat nasional.

Biasanya, uji publik dilaksanakan dengan mendatangkan keluarga, masyarakat dan para donatur. Namun, karena kondisi pandemi yang belum reda ini, masyarakat yang ingin melihat dan menguji para peserta hanya bisa hadir melalui link meeting online yang telah disediakan panitia.

Diselenggarakan secara hybrid, para calon wisudawan putra dan putri dihadirkan di gedung Aliah PPA Ibnu Katsir 2 pada Jumat, 2 Juni 2021 untuk diuji langsung oleh ustadz Asmul Wakil, S.Ag., al-hafizh, ustadz Hudzaifah al-Ayyubi, M.Pd.I, al-Hafizh, dan ustadz Nizam Alwi, S.Pd.I, al-Hafizh. Uji Publik ini disiarkan melalui Zoom Meeting untuk mangakomodasi para hadirin yang ingin menyaksikan dan turut menguji para peserta.

Satu persatu, peserta uji publik di tes hafalan al-Qur’annya oleh para penguji yang membacakan potongan ayat dari al-Qur’an untuk dilanjutkan beberapa ayat oleh para peserta. Tes ”model begini” ini lebih mendebarkan dari tasmi’ seluruh hafalan. Bahkan seringkali, peserta yang hafalannya begitu mulus saat tasmi’, justru tersendat-sendat saat di uji ayat acak. Unik, kan? Padahal tasmi’ itu membaca seluruh hafalan yang dipunyai, sedangkan uji acak hanya melanjutkan beberapa potongan ayat saja.

Di tahun ini, ternyata tak hanya uji publik tahfizh yang harus dijalani, namun juga ada uji publik bacaan kitab kuning yang juga langsung diuji oleh para asatidz yang telah memiliki sertifikasi metode al-Miftah dari Ponpes Sidogiri. Tak hanya membaca potongan kitab kuning, namun para peserta juga dicecar dengan beberapa pertanyaan terkait dengan nahwu dan shorof yang telah mereka pelajari selama ini.

Alhamdulillah, dilaksanakan dari pukul 07.00 hingga ashar, acara uji publik hafalan al-Qur’an dan bacaan kitab kuning berjalan dengan kondusif dan lancar.