Gathering Mahasantri PPA Ibnu Katsir 1

Akhirnya, agenda Gathering Mahasantri Pondok Pesantren Ibnu Katsir 1 yang rutin diselenggarakan tiap tahun terlaksana pada Ahad, 12 Oktober 2021 lalu. Sejatinya, acara ini diselenggarakan pada bulan agustus lalu. Adanya beberapa hal yang harus diselesaikan oleh pesantren membuat kegiatan ini di undur hingga 2 bulan.

Gathering Mahasantri adalah acara yang mengumpulkan seluruh mahasantri dan orang tua untuk menyampaikan evaluasi belajar mahasantri selama 1 tahun. Adanya pandemi membuat acara ini diselengarakan secara hybrid; luring bagi para mahasantri dan daring bagi para wali mahasantri. Seluruh capaian mahasantri dari bidang tahfizh, akademik, bahkan hingga akhlak sehari-hari disampaikan kepada wali santri sebagai bentuk laporan hasil belajar santri.

Ustadz Neman Agustono selaku Mudir ‘Am memberikan taushiyah penguat agar mahasantri semakin erat bersama dengan al-Qur’an. Ustadz Didik Hariadi, Mudir PPA Ibnu Katsir 1, menyampaikan kisah menggugah agar para mahasantri yakin dengan jalan yang telah mereka pilih bersama al-Qur’an.

Dalam Gathering ini, mahasantri terbaik tiap-tiap angkatan mendapatkan apresiasi dari para asatidz. Berikut adalah para mahasantri terbaik di tiap angkatannya.

  1. Angkatan 8 : Muhamad Zarkasyi (Lombok)
  2. Angkatan 9 : Ari Pranata (Palembang)
  3. Angkatan 10 : Yunus Firmansyah (Jember)

Dari kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan motivasi belajar pasca evaluasi, sehingga yang sudah mendapat capaian baik dapat lebih baik lagi. Begitu pula dengan yang mendapat capaian kurang baik semoga evaluasi ini dapat membuat mereka lebih berussaha lag iuntuk mengejar ketertinggalan di pesantren.