Akan Genjot Kompetensi Bahasa Arab

Ikhtiar perbaikan terhadap kualitas lulusan Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember terus dilakukan jajaran pengurus. Sabtu (18/11) jajaran pengurus PPA Ibnu Katsir Putra dan Putri berkumpul di rumah Mudir PPA Ibnu Katsir Jember Ustad Abu Hasan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan kurikulum pesantren.

Menurut Ustad Abu Hasan, pertemuan tersebut untuk mengevaluasi pencapaian kompetensi lulusan pesantren. Beberapa kompetensi yang “dijanjikan” adalah hafal Alquran 30 juz mutqin (lancar). “Untuk yang ini, sudah lumayan bagus. Hal itu ditandai dengan beberapa prestasi santri kita,” katanya.

Sedangkan yang masih terus diupayakan adalah kompetensi Bahasa Arab dan membaca kitab. Kemampuan dalam berbahasa sebenarnya bisa dievaluasi dari kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.

“Karena itu, ke depan kami akan mengarah bahwa para santri yang hendak lulus harus bisa menulis skripsi dalam Bahasa Arab dan mempresentasikannya,” tutur Ustad Abu.

Hal lain yang juga masuk agenda pembahasan adalah bagaimana mencetak santri yang memiliki kepribadian yang mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab. Semua jajaran diharapkan bisa mengawal pencapaian kompetensi itu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *