Santri Gontor di Ibka V Refreshing ke Cangar

KARANTINA Alquran para santri Pondok Modern Gontor di Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) V Kota Batu hari ini (5/12) memasuki hari keenam. Target murojaah hafalan lama 3 juz dan menambah hafalan baru 2 juz benar-benar menyita tenaga dan pikiran.

Karena itu, Mudir Ibka V Kota Batu Ustadz Syukri Nur Salim, SPdI, mengajak para santri untuk refreshing. Mereka diajak renang di wisata air panas Cangar, Batu. “Ini sekaligus tadabur alam, setelah harus menjalani aktivitas yang padat setiap hari. Mulai dari shalat malam, hafalan, murojaah, dan sebagainya,” ujar Ustadz Syukri.

Setelah refreshing ini, kata dia, diharapkan para santri bisa kembali segar dan bersemangat untuk menghafal Alquran. Para peserta diberangkatkan ke Cangar pukul 08.30 menggunakan tiga mobil yang telah disewa.

Acara diawali dengan apel pagi. Lalu, diisi pengarahan dan motivasi dari mudir Ibka V Batu. Total peserta ada 17 orang dengan 3 orang pendamping.

Agenda yang mesti dijalani para santri Gontor di Ibka V sangat padat. Setiap hari mereka harus setoran dan murojaah hafalan tiga sampai empat kali. Itu pun masih diselingi tahsin dan motivasi. Malam harinya shalat tahajud mulai pukul 02.30 sampai masuk Subuh, dengan membaca surat dalam shalat 1 juz. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *