RAKER IBKA: Usung Semangat Kelola Pesantren dengan Good Governance

KONSOLIDASI: Rapat kerja Yayasan Ibnu Katsir (Ibka) Jember di kompleks SMKIT Ibka Jember di Rembangan, Rabu (13/12).

 

JAJARAN Yayasan Ibka Jember, Rabu (13/12), menyelenggarakan rapat kerja (raker). Kegiatan ini fokus untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan selama 2017 dan menyiapkan program untuk 2018. Tema raker tahun ini adalah Membangun dan Mengimplementasikan Good Governance di Ibnu Katsir.

Hampir semua jajaran yayasan hadir, seperti ketua yayasan, dewan pembina, dan dewan pengawas. Dari jajaran pesantren hadir semua unit kerja, seperti pondok putra, putri, fundraising, Gemma, SMKIT, PAUD, dan sebagainya.

“Good governance ini berat, perusahaan saja belum tentu bisa. Tapi, kami yakin Ibka bisa karena aturan yang mengikat kita Alquran. Siapa yang mau berani melanggar Alquran?” ujar Ir H. Syuhada, dewan pengawas Ibka.

Dia berharap, perencanaan yang disusun di raker bisa rasional, fleksibel, dan kontinyu. “Semoga tujuan yang mulia ini bisa kita realisasikan bersama,” harapnya.

Sementara itu, Bendahara Yayasan Ibka Ir HM. Askin, selaku ketua panitia raker, mengatakan, semua program kerja yang disusun harus merujuk pada visi dan misi. Dari evaluasi sekilas, semua program pesantren relatif sudah berjalan di jalan yang benar. “Sudah on the track, sesekali belok buat ‘rekreasi.’ Tidak apa-apa,” katanya.

Terkait semangat good governance, lanjut dia, sebenarnya masih terkait dengan misi yayasan. Terutama, di misi ke-5, yakni mengembangkan organisasi yang sehat dengan menerapkan tata kelola organisasi yang berpegang pada prinsip transpransi, akuntabel, efisien, mandiri.

Misalnya, terkait keuangan. Dana dari donator harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, khususnya donator. “Tidak perlu diminta mereka, kita harus melaporkannya. Kalau sampai diminta, berarti kita tidak responsive,” tandasnya. Raker akan berlangsung sampai Kamis (14/12). (*)

 

One thought on “RAKER IBKA: Usung Semangat Kelola Pesantren dengan Good Governance

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *