Ini Beberapa Program Baru Ibka di 2018

KOMPAK: Para pengurus Ibnu Katsir, dari jajaran yayasan dan berbagai unit kerja, foto bersama usai penutupan rapat kerja (raker), Kamis (14/12).

 

JELANG tahun baru, semangat baru, program baru. Inilah semangat yang diusung para pengurus yayasan sampai berbagai unit kerja usai menggelar raker selama dua hari yang ditutup Kamis (14/12) sore di kompleks SMKIT Ibnu Katsir (Ibka) Jember di Rembangan, Arjasa.

Dari raker selama dua hari, terungkap semangat yang besar dari jajaran pengurus untuk menggemakan dakwah Alquran. “Salah satu indikasinya adalah meningkatnya program dan kebutuhan dananya. Bahkan, peningkatannya 200 persen,” kata Ir HM Askin, bendahara Yayasan Ibka Jember.

Program yang telah disiapkan pengurus untuk 2018 mencakup semua lini. Baik di bidang pendidikan, dakwah dan sosial, ekonomi, dan pengembangan sarana fisik. Sebab, masih banyak sarana yang harus dilengkapi.

Yang pasti, ada beberapa program baru yang akan dirilis Ibka di tahun 2018. Inilah beberapa di antaranya:

 

MADINA (Madrasah Diniyah Alquran)

Ini adalah lembaga pendidikan nonformal yang berbasis Alquran. MADINA adalah lembaga setara SD atau MI, di mana 70 persen porsi pendidikannya adalah hafalan Alquran. “Nantinya, satu musyrif Quran membina 3 murid saja. Sehingga, pendampingan intensif dan fokus. Harapannya, kelas 5 SD sudah selesai setoran 30 juz,” kata Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz.

Belum dirilis resmi, kata dia, saat ini sudah ada 16 calon murid yang inden kursi di MADINA. Padahal, kuota yang disiapkan Ibka hanya 15 orang.

 

TAKHOSUS di Ibka V Batu

Program takhosus di Ibka V Kota Batu juga program baru yang akan disiapkan di 2018. Di pondok Batu nanti, Ibka menyiapkan secara khusus program-program takhosus untuk hafalan Alquran. “Bentuknya bisa karantina Quran, misalnya. Dua minggu, atau sebulan, khusus karantina menghafal Alquran,” ungkap Mudir Ibka V Kota Batu Ustadz Syukri Nursalim. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *