Kelas Tahfidz Gemma Juga Jalani Ujian

PERDENGARKAN HAFALAN: Seorang peserta kelas tahfidz putri Gema sedang setoran hafalan saat tasmi, Jumat (22/12).

 

BUKAN hanya yang masih belajar membaca atau memperbaiki bacaan Alquran saya yang diuji ke Gemma (Gerakan Mencintai dan Memuliakan Alquran). Tetapi, peserta kelas tahfidz (hafalan) pun harus menjalani ujian.

Ujian itu bernama tasmi kelas tahfidz Gemma. Untuk peserta laki-laki, mereka menjalani tasmi pada 19 dan 21 Desember 2017. Sedangkan peserta putri menjalani tasmi pada 19 dan 22 Desember 2017. Pelaksanaan tasmi di Rumah Quran Mahasiswa (RQM) Al Ikhlas di Jalan Danau Toba VII Blok 5 No 186 Jember.

“Sama halnya dengan peserta di kelas dasar 1 sampai tahsin 2, di mana mereka menjalani evaluasi tiga bulanan, di kelas tahfidz pun sama. Tasmi kelas tahfidz ini dilaksanakan dengan memperdengarkan hafalan yang dimiliki. Tujuannya untuk mengukur pencapaian kualitas hafalan yang telah disetorkan selama mengikuti kelas Gemma,” ujar Ustadzah Siti Maryatul Kiptiyah, pengurus Gemma.

Sebelum tasmi dilaksanakan, para peserta mendapat suntikan motivasi dari Ustadzah Kiptiyah untuk putri dan Ustadz Sudamar untuk pria.

Untuk setoran peserta laki-laki yang hafalannya sudah 3 juz, disimak oleh asatidz Gemma atau santri putra Ibnu Katsir. Sedangkan yang putri disimak oleh musyrifah RQM. Sedangkan bila hafalan kurang  dari 3 juz, disimak oleh sesama peserta yang pencapaian hafalannya sama. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *