Gairahkan Menghafal di Kalangan Pengurus

BERKAH ALQURAN: Kegiatan menghafal Alquran juga digairahkan Yayasan Ibnu Katsir Jember ke kalangan pengurus.

 

 

YAYASAN Ibnu Katsir (Ibka) Jember menggairahkan kembali kegiatan menghafal Alquran di kalangan pengurus pesantren. Meski tidak bisa ditarget tinggi sebagaimana para santri, yayasan menghendaki pengurus tetap berusaha menghafal Alquran.

“Jangan karena jadi pengurus, lalu merasa sudah menjadi pejuang Alquran. Tetapi, menghafal Alquran kurang semangat,” kata Ustadz H. Khoirul Hadi, Lc, ketua Yayasan Ibka Jember.

Untuk itu, kata dia, dalam setiap rapat bulanan yayasan dengan jajaran pengurus pesantren, akan dievaluasi pula realisasi hafalan para pengurus. Bahkan, setiap orang memiliki target hafalannya sendiri-sendiri, mulai dari seperempat juz per bulan sampai ada yang berani memasang target satu juz per bulan.

Target itu ditetapkan kepada semua pengurus di semua unit, kecuali para pengurus yang sudah hafidz Quran. “Karena kita ngurus pesantren Quran ini jangan sampai tidak mendapat barokah Alquran. Akan lebih lengkap dan indah kalau kita ngurus pesantren Quran, tapi juga hafal Quran,” tambah Ustadz Khoirul.

Teknisnya, setiap pengurus akan dibagi dalam beberapa halaqah tahfidz. Lalu, disetor setiap pekan ke musyrif. Untuk pengurus laki-laki ke Ustads Abu Hasan dan Ustadz Khoirul Hadi. Sedangkan pengurus perempuan ke asatidz tahfidz pesantren putri.

“Insya Allah tidak berat. Kalau seperempat juz sebulan, berarti setiap pekan cukup setor satu halaman. Setiap hari hafalan cukup dua sampai tiga baris ayat,” sambung Ustadz Khoirul, memotivasi.

Menurut dia, kegiatan hafalan di kalangan pengurus ini sebenarnya bukan program baru. “Sekarang ini hanya lebih digairahkan lagi,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *