Jalani Pengabdian, Diminta Tetap Jaga Quran

DENGARKAN ARAHAN: Para alumnus angkatan 2 dan 3 saat pertemuan bersama mudir, Selasa (2/1) pagi.

 

MUDIR Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, meminta para alumnus angkatan 3 untuk bisa menjalani program pengabdian dengan baik. Pengabdian di berbagai unit kerja Ibka atau lembaga mitra merupakan sarana untuk menempa diri dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Dan yang pasti jaga Quran. Walaupun sedang pengabdian, Alquran harus tetap dijaga. Yang tempo hari belum wisuda naik panggung, ada kesempatan naik panggung wisuda mendatang asal hafalannya lancar sesuai syarat dari pesantren,” tutur Ustadz Abu.

Program pengabdian, menurut Ustadz Abu, merupakan cara untuk mengukur kemampuan, sehingga setiap alumnus akan mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya. Sebab, saat pengabdian itulah langsung bersentuhan dengan masyarakat. “Yang sudah punya potensi, di pengabdian itulah saatnya melejitkan potensinya,” tandasnya.

Sebab, dari evaluasi pengabdian dua angkatan yang sudah berjalan, ada beberapa alumnus yang tadinya tampak biasa-biasa saja, justru saat pengabdian terlihat potensinya. Misalnya, dalam menjalin komunikasi dengan masyarakat atau menyelesaikan masalah.

Menjalankan program di berbagai unit kerja Ibka dengan spesifikasi tugas yang berbeda-beda, lanjut Ustadz Abu, akan mematangkan mental para alumnus. “Inilah saatnya membangun daya tahan, survival, dan berdakwah yang sebenarnya,” tegasnya.

Sebanyak 12 alumnus angkatan 3 bulan ini mulai menjalani pengabdian, di antaranya di Ibka putra, Gemma, Ibka IV Mojokerto, Ibka V Batu, SMKIT Ibka, SDIT Harapan Umat di Jember dan Kalisat, SMPIT Al Ghozali dan SDIT At Taqwa Ambulu.

Dari 18 orang angkatan 2 yang baru selesai menjalani pengabdian, sebanyak 10 orang tetap bertugas di unit kerja Ibka dan lembaga mitra. Sedangkan sisanya tersebar di berbagai lembaga lain di Jatim dan luar Jatim. “Yang pasti, walau sebagian tidak lagi mengabdi di unit kerja Ibka, mereka tetap berjuang bersama Alquran di berbagai lembaga pendidikan dan pesantren. Alhamdulillah,” pungkas Ustadz Abu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *