MADINA Ibka, Lulus Pendidikan Dasar Sudah Hafidz 30 Juz

KEBUTUHAN lembaga pendidikan dasar yang bisa mencetak penghafal Alquran 30 juz di Jember makin mendesak. Masyarakat kerap menanyakan kapan Ibnu Katsir (Ibka) Jember memiliki lembaga pendidikan dasar yang menjadi “pabrik” penghafal Alquran.

Pertanyaan-pertanyaan yang mengemuka sejak beberapa tahun terakhir itu akhirnya dijawab Yayasan Ibka Jember tahun ini dengan mendirikan MADINA Ibka. Yakni, sebuah lembaga pendidikan setara SD yang diorientasikan untuk mencetak murid hafidz Quran 30 juz sebelum masuk jenjang pendidikan menengah pertama (SMP).

“MADINA Ibka memang memberikan porsi pendidikan dan hafalan Quran hampir 70 persen. Sisanya adalah ilmu non Alquran. Didesain sebagai lembaga pendidikan dasar nonformal, nantinya para siswa tetap bisa mendapatkan ijazah, tapi Paket A,” kata Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, mudir Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir, yang juga penggagas MADINA.

Dia menjelaskan, Ibka sudah menyiapkan “bahan baku” MADINA dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ibka Jember. Meskipun, MADINA tidak dikhususkan untuk lulusan PAUDA Ibka. MADINA terbuka bagi siapa saja selama memenuhi syarat. “PAUD Ibka terbukti sudah bisa membawa anak didik hafal 2 juz. Bahkan, ada yang masih setara TK A atau nol kecil, hafalan juz 30 sudah selesai. Berikutnya masuk juz 29. Sementara, salah satu syarat untuk masuk MADINA adalah punya modal hafalan minimal 1 juz,” terang Ustadz Abu.

Untuk mencapai kualitas lulusan MADINA hafidz 30 juz, pihaknya sudah menyiapkan para lulusan PPA Ibka untuk menjadi musyrif atau pengampu tahfidz Quran. “Yang istimewa, nantinya 3 murid diampu oleh 1 hafidz atau hafidzah. Sehingga, perkembangan hafalan anak-anak bisa terpantau intensif. Diharapkan, sebelum lulus sudah selesai menghafal 30 juz,” tegasnya.

Tertarik menyekolahkan putra-putri Anda di MADINA? (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *