[JANGAN KETINGGALAN] Kuota Terbatas, Pendaftar MADINA Terus Bertambah

JUMLAH calon santri MADINA Ibnu Katsir (Ibka) Jember terus bertambah. Sampai Kamis (18/1) pagi, calon santri lembaga pendidikan nonformal setara SD ini sudah mencapai 17 orang. Padahal, pendaftaran baru akan ditutup 10 Februari mendatang.

Ustadz Syamsul Haidi, SPdI, Al Hafidz, kepala MADINA Ibka Jember, mengatakan, hampir setiap hari ada orang tua calon santri yang menaftar ke MADINA. “Pagi ini sudah 2 orang tua calon santri yang mendaftar dan sudah bayar uang pendaftaran. Kemarin sudah ada 15 orang yang tercatat mendaftar,” katanya.

Pihaknya masih membuka pendaftaran sampai 10 Februari. Karena itu, MADINA tidak membatasi jumlah pendaftar. “Tapi, nanti akan ada tes kepada calon santri. Kuota yang kami sediakan hanya 20 santri,” ungkap Ustadz Syamsul.

MADINA adalah lembaga pendidikan nonformal yang menerapkan konsep full day. Sekitar 70 persen waktu belajar adalah untuk Alquran, terutama hafalan. “Sebab, jaminan kualitas MADINA Ibka adalah mereka lulus sudah hafal 30 juz,” kata Ustadz Syamsul Haidi, SPdI, Al Hafidz, kepala MADINA Ibka Jember.

Meski demikian, lanjut dia, para santri tetap bisa mengikuti ujian nasional standar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Paket A. Sehingga, lulusan MADINA tetap memiliki peluang sekolah umum bila ingin melanjutkan pendidikan ke sekolah umum.

Apa saja keunggulan MADINA Ibka?

  1. Hafal Quran 30 juz
  2. Memahami dan menerapkan aqidah yang benar
  3. Beradab Islami dalam kehidupan sehari-hari
  4. Hafal mutun dasar (Tanbihul Muta’allim, Tuhfatul Athfal, al-Jazari, dan Jurumiyah)
  5. Mampu berkomunikasi dengan Bahasa Arab aktif
  6. Berjiwa mandiri dan peka sosial

Ustadz Syamsul menjelaskan, untuk menjamin semua lulusan MADINA hafal 30 juz, pihaknya menyiapkan satu orang musyrif dan musyrifah untuk 3 orang santri. “Sehingga, pendampingan kami sangat intensif,” tegasnya.

Ada pun fasilitas unggulan MADINA adalah:

  1. Pendampingan 1 musyrif dan musyrifah untuk 3 santri
  2. Kurikulum yang memadukan Alquran, iman, adab, dan soft skill
  3. Tenaga pengajar yang kompeten
  4. Membekali santri pendidikan umum untuk melanjutkan studi ke pendidikan selanjutnya

Bagi Anda yang tertarik mendaftarkan putra dan putrinya ke MADINA Ibka, silakan perhatikan waktu-waktu penting berikut ini:

PENDAFTARAN: 8 Januari – 10 Februari 2018

TES KEMAMPUAN BACA DAN HAFALAN: 11 Februari 2018

WAWANCARA ORANG TUA SANTRI: 17 Februari 2018

Untuk informasi lebih lanjut pendaftaran calon santri MADINA Ibka, bisa menghubungi kantor MADINA Ibka di Jl Mangga 18 Patrang, Jember, (0331) 411333, dengan narahubung: Ustadz Syamsul (085266426070) dan Ustadzah Nova (081234619977). (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *