Rekatkan Ukhuwah dan Bina Jasadiyah, Gelar Turnamen Futsal

TURNAMEN: Tim santri dan asatidz foto bersama sebelum bertanding.

 

UNTUK merekatkan ukhuwah antar santri, termasuk dengan asatidz, tim pembinaan santri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember menggelar turnamen futsal Mudir Cup 2018. Turnamen yang digelar tiap Jumat pagi di Elpasindo Futsal Jalan Mastrip itu menggunakan sistem setengah kompetisi.

Para santri putra dibagi dalam beberapa tim sesuai dengan grup pembinaan. Lalu, masih ada tim asatidz dan beberapa tim dari mitra kesantrian Ibka Jember.

Menurut Ustadz Taufik Abdul Majid, kepala tim pembinaan karakter santri Ibka Putra, mengatakan, turnamen ini bertujuan untuk merekatkan ukhuwah antar santri. Selama ini sebenarnya sudah rutin digelar futsal bersama santri. “Tapi, kali ini sengaja dibuat turnamen antar grup pembinaan agar ada nuansa ukhuwah,” katanya.

Selain itu, kata dia, turnamen ini diharapkan juga menjadi perangkat pembinaan jasadiyah para santri. Dengan kegiatan olahraga, diharapkan kebugaran para santri tetap terjaga. “Selain memang bisa menjadi sarana rekreasi agar tidak jenuh dengan padatnya kegiatan akademik dan kesantrian di pondok selama sepekan,” ujarnya.

Para santri menyambut baik kegiatan ini. Setiap tim pembinaan selalu koordinasi menjelang turnamen digelar. Setiap tim juga dibolehkan “ngebon” pemain dari luar selama dilaporkan lebih dulu ke panitia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *