Calon Santri MADINA Jalani Tes

TES: Calon santri Madrasah Diniyah Quran (MADINA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember menjalani tes, Ahad (11/2).

 

PROSES penerimaan calon santri MADINA Ibka Jember dimulai, Ahad (11/2). Sebanyak 28 calon santri menjalani tes baca Alquran dan hafalannya.

Beberapa ustadz dipersiapan untuk menguji bacaan dan hafalan setiap calon santri. “Kami sudah punya parameter penilaian tersendiri,” kata Ustadz Syamsul Haidi, SPdI, Al Hafidz, kepala MADINA Ibka Jember.

Pengumuman hasil tes tidak langsung diumumkan. Sebab, para asatidz penguji dan manajemen MADINA akan mengadakan musyawarah. Rencananya, siapa saja santri yang akan diterima di MADINA akan diumumkan pada Rabu (14/1) mendatang.

Menurut Ustadz Syamsul, angkatan I MADINA akan menerima 20 orang santri. Nantinya, mereka yang akan menjalani pendidikan di lembaga nonformal setara SD ini selama 6 tahun.

MADINA adalah lembaga pendidikan nonformal setara SD yang fokus pada hafalan Alquran. Hampir 70 persen waktunya digunakan untuk menghafal Alquran dengan disesuaikan tahapan perkembangan santri. Diharapkan, di tahun ke-5 proses belajar, para santri sudah menyelesaikan setoran Quran 30 juz.

Sebagai lembaga pendidikan formal setara SD, para calon santri masih bisa mengikuti ujian nasional Paket A. Sehingga, santri masih memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan di sekolah umum setara SMP atau MTs. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *