Tempa Mental dan Kepemimpinan di LDK Santri

PEMBUKAAN: Para mahasantri PPA Ibnu Katsir Putra Jember dan SMKIT Ibnu Katsir Jember mengikuti pembukaan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) di camping area BISKIT Desa Sumberjati, Silo, Jumat (16/2).

 

PARA mahasantri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember dan SMKIT Ibka Jember pada Jumat – Ahad (16-18/2) mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) 2018. Ini adalah sarana untuk menempa mental dan kepemimpinan para santri.

LDK dilaksanakan di camping area BISKIT di Desa Sumberjati, Silo, sebuah kawasan yang dikelola oleh Perhutani Jember. LDK dibuka oleh Mudir PPA Ibka Putra Jember Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, dalam sebuah apel di kawasan perkemahan.

Dalam amanatnya sebagai inspektur upacara pembukaan, Ustadz Abu mengatakan, LDK adalah sarana untuk menempa mental dan kepemimpinan. Sebab, di kegiatan ini dituntut adanya rasa tanggung jawab dan kepemimpinan, baik individual maupun kelompok.

Lebih dari itu, dia berpesan agar semua peserta menanggalkan semua ego yang masih melekat dalam dirinya. “Tidak ada yang merasa paling dan lebih di sini. Di sini kita akan berlatih untuk sam’an wathoatan (mendengar dan taat),” tegasnya.

Karena itu, Ustadz Abu meminta semua peserta untuk ikhlas menjalani kegiatan selama 3 hari sejak berangkat dari pondok. “Tanggalkan semua ego dan jalani semua kegiatan dengan ikhlas. Sebab, jika itu tidak kalian lakukan, maka detik inilah awal penderitaan akan dimulai,” ujarnya.

Para santri yang mengikuti LDK terbagi ke dalam 10 kelompok. Kelompok itu dibentuk sesuai dengan kelompok pembinaan karakter di pesantren, atau gabungan kelompok pembinaan. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *