Bangun Kebersamaan Sejak Sebelum Berangkat LDK

KERJASAMA TIM: Salah satu kelompok peserta Latihan Dasar Kepempimpinan (LDK) Ibnu Katsir Jember mendirikan tenda di area acara.

 

LATIHAN Dasar Kepemimpinan (LDK) 2018 mahasantri Ibnu Katsir (Ibka), baik di pesantren amupun SMKIT, yang tengah berlangsung dari Jumat sampai Sabtu (16 – 18/2) telah menuntut peserta untuk membangun kebersamaan sejak sebelum acara dimulai. Kegiatan ini sudah disosialisasikan manajemen pondok sekitar sebulan lalu.

Para peserta harus membentuk kelompok sesuai kelompok pembinaan karakter yang berjalan selama ini. Kelompok itu pun bisa terdiri dari gabungan dua kelompok, bila anggotanya terlalu sedikit.

Selain itu, panitia tidak memfasilitasi perlengkapan kelompok. Panitia hanya menyiapkan tempat, akses masuk, dan makan bersama di sesi penutupan LDK. Selebihnya, mereka harus menyiapkan sendiri tenda, perlengkapan kelompok, bahan makanan, sampai perangkat memasak. Apakah kebutuhan kelompok itu harus sewa, pinjam, atai beli, semua diserahkan pada kreativitas kelompok.

“Sejak awal LDK ini memang kami desain sebagai wujud latihan kepempimpinan. Di situ pasti ada kerjasama tim, ada ketua dan anggota, ada koordinasi dan pembagian kerja. Agar biaya kelompok bisa hemat, berarti harus kreatif mencari solusi,” terang Ustadz Taufik Abdul Majid, kepala Bagian Pembinaan Karakter Ibka.

Kunci dari pelaksanaan LDK memang kebersamaan. Tanpa kebersamaan, sulit akan terlaksana. “Karena itu, di kelompok saya, persiapan LDK sudah kami rancang sejak tiga minggu lalu. Mulai dari invetarisasi barang, siapa yang harus menyiapkan, berapa biaya, dan sebagainya,” kata Hari Setiawan, salah seorang tim pembinaan karakter.

Lebih jauh, Hari menerangkan, di LDK ini pula menuntut pengamalan nilai-nilai ukhuwah yang selama ini sudah banyak dipelajari oleh para mahasantri di kegiatan pembinaan karakter. “Harus ada ada ta’awaun dan takaful. Membantu yang belum mampu dan menanggung beban sebagian anggota lainnya. Wujudnya ya membantu iuran, misalnya, meminjami perlengkapan, dan sebagainya,” sambungnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *