Santri MADINA Jalani “Pemanasan”

JALANI “PEMANASAN”: Ini suasana saat tes calon santri MADINA, belum lama ini.

 

PARA santri MADINA┬áIbnu Katsir (Ibka) Jember saat ini tengah menjalani “pemanasan.” Ya, kegiatan belajar mengajar di MADINA memang belum mulai. Masih akan dimulai pertengahan tahun nanti.

Tetapi, saat ini sebanyak 24 santri lembaga pendidikan nonformal setara SD itu tengah menjalani semacam persiapan sebelum memasuki masa pembelajaran yang sesungguhnya. “Sebanyak 24 santri itu kita bagi menjadi empat kelompok,” ujar Ustadz Syamsul Haidi, SPdI, Al Hafidz, kepala MADINA.

Karena semua santri masih menjalani sekolah di pagi harinya, kegiatan pemantapan itu dilaksanakan pada sore hari di kompleks Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibka Putra Jember di Jalan Mangga 18 Patrang. “Selesainya sekitar pukul 16.45,” sambung Ustadz Syamsul.

Sebanyak 16 santri putri dan 8 santri putra itu menjalani pemantapan sesuai hasil tes. Dua kelompok kegiatannya memantapkan bacaan, satu kelompok 80 persen kegiatannya menghafal, dan satu kelompok lainnya seimbang antara membaca dan menghafal.

MADINA adalah unit pendidikan baru di Ibka Jember. Dari Senin sampai Kamis para santri belajar dari pagi sampai pukul 13.30. Khusus Jumat sebelum Jumatan sudah pulang. Sabtu dan Ahad libur. MADINA menargetkan, sebelum kurang dari 6 tahun lamanya para santri sudah selesai setor hafalan 30 juz. (*)

 

One thought on “Santri MADINA Jalani “Pemanasan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *