Mahasantri Angkatan 4 Putra Jalani Karantina Quran

FOKUS MANTAPKAN HAFALAN: Para mahasantri angkatan 4 Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember sudah berada di Ibka 5 Batu untuk menjalani karantina Quran selama 5 bulan. 

 

SATU babak penting tengah dimulai para mahasantri angkatan 4 PPA Ibka Putra Jember. Mulai pekan ini mereka menjalani karantina Quran selama lima bulan di PPA Ibka 5 Batu.

Karantina Quran ini merupakan rangkaian awal dari Wisuda Quran 2018 yang akan dilaksanakan September nanti. “Karantina Quran ini bertujuan untuk memberi kesempatan para calon wisudawan melancarkan dan memantapkan hafalan Qurannya,” kata Mudir PPA Ibka Jember Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz.

Sebab, kata Ustadz Abu, dimulai dari angkatan 3 lalu, manajemen pondok membuat sebuah sistem untuk meningkatkan kualitas alumni, khususnya di bidang tahfidz. Untuk bisa naik panggung wisuda, ada standar minimal jumlah hafalan yang harus lancar (mutqin).

Alumni angkatan 3 lalu bisa naik ke panggung wisuda bila memiliki minimal 15 juz hafalan yang mutqin. Bila tidak memenuhi standar minimal ini, calon alumni tidak diwisuda di atas panggung. “Untuk tahun ini standarnya naik menjadi 20 juz mutqin,” tegasnya.

Guna mencapai standar minimal itu, para mahasantri angkatan 4 harus menjalani karantina Quran di Ibka 5 Batu. Pemilihan lokasi karantina di Batu bukan tanpa alasan. Ibka 5 Batu berada di dataran tinggi yang sejuk, sehingga memungkinkan para calon wisudawan bisa melancarkan hafalan Quran dengan nyaman. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *