Ibka Jadi Jawara Quran di Gontor dan Ar Rahmah

JUARA: Tim Ibka di Gontor menjadi juara 2 di Festival Quran Nasional di Unida Gontor, 23-25 Maret lalu.

 

DELEGASI Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember berhasil menjadi jawaran musabaqah Alquran di dua tempat berbeda. Di Festival Quran Nasional yang diselenggarakan Universitas Darussalam (Unida) Gontor pada 23-25 Maret lalu, tim dari Ibka berhasil menjadi juara 2.

“Tim yang berhasil menjadi juara 2 di Gontor terdiri dari santri A. Saifuddin Amin dan M. Mustofa Syafiq,” ujar Ibad Abdullah, S.Ag, Al Hafidz, tim ofisial Ibka di lomba tersebut. Mereka hanya kalah dari tim tuan rumah Gontor.

Sebenarnya, dalam event tersebut Ibka mengirim beberapa delegasi. Tetapi, baru Amin dan Syafiq yang berhasil menembus putaran final.

Di lomba pemahaman Alquran (MHQ) tersebut, panitia menguji pemahaman peserta di satu juz Quran. Lalu, harus mampu menjawab pertanyaan juri dengan merujuk pada satu kitab tafsir yang telah ditetapkan panitia. “Kalau di MHQ lain, biasanya kitab rujukannya bebas, tidak ditentukan,” sambung Amin.

Sedangkan delegasi kedua yang berhasil menorehkan juara adalah santri M. Nizam Alwi. Dalam lombah tahfidz Quran di STIDKI Ar Rahmah Surabaya, Nizam berhasil menjadi juara 3 setelah berhasil masuk ke babak final.

Mudir Ibka Putra Jember Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, mengapresiasi capaian yang telah diraih semua santrinya yang menjadi delegasi pesantren. Baik kepada tim yang menjadi juara maupun belum.

“Saya mengapresiasi capaian semua tim yang berangkat ke perlombaan, baik yang sudah juara atau belum. Hasil akhir tidak terlalu penting. Tetapi, sejak awal perlombaan-perlombaan yang diikuti harus diniatkan sebagai sarana belajar dan melatih mental. Itu paling penting. Sekali lagi selamat,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *