Plengsengan Ambrol, Gazebo Terancam

MENGKHAWATIRKAN: Plengsengan Pondok Pesantrean Alquran (PPA) Ibnu Katsir Putra Jember di Jl Mangga ambrol akibat gerusan air sungai yang debitnya meninggi.

 

AKIBAT dari tingginya debit air sungai, plengsengan Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember di Jl Mangga ambrol. Ambrolnya plengsengan tersebut cukup besar dan dalam.

Karena kondisi tersebut sudah membahayakan gazebo Umar yang hanya berjarak kurang dari 1 meter dari plengsengan yang ambrol itu, gazebo Umar dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Untuk memindahkan gazebo kayu itu, puluhan santri bersama-sama menggotong gazebo itu di halaman depan PAUD Quran.

“Sebelumnya plengsengan sudah tergerus. Tapi, sore ini akibat hujan yang deras, sehingga air sungai meninggi itu menjebol plengsengan tersebut,” kata Ustadz Said Sudarmono, kepala bagian sarana Ibka Jember, Sabtu (31/3) sore.

Sedianya, pengurus Ibka memang akan memasang bronjong untuk mempertahankan diri dari gerusan air sungai. Yayasan tengah berusaha menggalang donasi. Tetapi, sebelum donasi terkumpul, plengsengan tersebut ambrol lebih dulu.

Pihak yayasan sendiri telah mengumumkan kondisi plengsengan kepada jamaah di Majlis Dhuha lalu. Harapannya, ada donasi dari jamaah yang terkumpul untuk membenahi plengsengan tersebut. “Plengsengan itu penting karena empat gazebo kita posisinya dekat sungai semua. Padahal, selama ini gazebo tersebut menjadi lokasi para santri Gemma belajar Alquran,” sambung Ustadz Najib Syairofi, bagian fund raising Ibka.

Yang ingin membantu perbaikan plengsengan, bisa berdonasi melalui rekening Bank BNI Syariah No Rekening 300 300 0303 atas nama Yayasan Ibnu Katsir Jember. Bila sudah transfer, diharapkan konfirmasi ke nomor HP: 081252700033.

Semoga Allah swt memberi balasan terbaik kepada semua donatur. (*)

 

DISELAMATKAN: Gazebo Umar dievakuasi ke halaman depan PAUD Quran, Sabtu sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *