Santri Ibka 5 Batu Juara I Kategori 5 Juz

SANG JUARA: Khudori Ibrahim (kiri) bersama Ustadz H. Syukri Nursalim, SPdI, mudir Ibka 5 Batu.

 

MESKI baru berdiri, Ibnu Katsir (Ibka) 5 Batu tidak mau ketinggalan dengan Ibka Putra yang langganan juara di berbagai lomba Alquran. Dalam Musabaah Hifdzil Quran (MHQ) di STIDKI Ar Rahmah, akhir bulan lalu, seorang santri Ibka 5 Batu juara I di kategori 5 juz.

Santri tersebut bernama Khudori Ibrahim. Dalam ajang bernama Alquran Fantastic Festival itu, Khudori yang tercatat sebagai peserta program intensif tahfidz di Ibka 5 Batu berhasil masuk final dan menjadi juara I. “Ini capaian yang luar biasa bagi Ibka 5 Batu yang baru pertama berdiri,” kata Ustadz H. Syukri Nursalim, SPdI, mudir Ibka 5 Batu.

Peserta MHQ di Alquran Fantastic Festival itu adalah utusan dari lembaga pendidikan pesantren setingkat SMA dan mahasiswa. MHQ di ajang tersebut terdiri dari kategori 3 juz, 5 juz, dan 10 juz. Di kategori 5 juz yang diikuti Khudori diikuti sekitar 100 peserta.

Di babak penyisihan 5 juz itu, ditentukan 3 peserta terbaik untuk masuk putaran final. “Khudori ini berhasil masuk ke final. Dia sebenarnya masuk ke final sebagai peringkat 3 terbaik di penyisihan. Alhamdulillah, saat final menjadi yang terbaik,” ungkap Ustadz Syukri.

Khudori mengatakan, awalnya dirinya tidak yakin bisa merebut juara I di final. Sebab, dia masuk ke final dengan status terbaik ke-3. “Alhamdulillah, semoga capaian ini tidak membuat saya puas diri dan bisa menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas hafalan,” harapnya.

Sebelum mengikuti program takhosus intensif di Ibka 5 Batu, Khudori tercatat sebagai santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah, Lombok Tengah, NTB. Atas prestasinya, santri asal Sumbawa itu berhak membawa trofi, sertifikat, dan hadiah Rp 1,5 juta. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *