Ini 4 Kunci Keberkahan Hidup

Ustadz Feri Dwi Sampurno

 

SEMUA orang muslim mendambakan untuk meraih kehidupan yang berkah. Sebab, keberkahan akan membawa orang tersebut menuju kebahagiaan. Untuk itu, setiap orang muslim harus tahu kunci keberkahan ada di mana.

Menurut Ustadz Feri Dwi Sampurno, keberkahan adalah kebaikan yang bertambah-tambah. Walau seseorang mengalami sesuatu yang biasa dianggap buruk, bila hal itu membawa kebaikan, bisa pula disebut berkah. “Karena, seringkali kita baru merasakan ada keberkahan di balik musibah atau sesuatu yang tidak enak itu setelah beberapa waktu kemudian,” katanya.

Karena itu, seorang muslim harus tahu apa saja yang bisa membawa keberkahan dalam hidup. Pertama, takwa. “Siapa pun yang bertakwa, penduduk negeri mana pun bila mereka bertakwa, Allah telah menjanjikan akan menurunkan keberkahan dari langit dan bumi,” katanya di depan ratusan jamaah Majlis Dhuha (MD), Ahad (22/4).

Kedua, shalat. Orang yang mendirikan shalat akan tercegah dari perbuatan keji dan munkar. Buah dari shalat baru akan terlihat di luar shalat. Karena itu, setiap muslim harus bisa meraih keutamaan dari setiap shalatnya.

Ketiga, bersedekah. Sedekah terbukti akan membawa keberkahan hidup. Tidak selalu berwujud materi, berkah dari sedekah bisa berupa solusi dari setiap masalah, kesehatan, rumah tangga yang harmonis, dijauhkan Allah dari musibah, dsb.

Yang paling penting, kata Ustadz Feri, kelapangan hati untuk tetap bersedekah di kala lapang dan sempit. “Sebab, sedekah bukan urusan kaya atau miskin. Kalau kita merasa tidak mampu sedekah, sesungguhnya secara tidak langsung kita menganggap Allah tidak adil. Karena merasa Allah tidak memberi kemampuan,” terangnya.

Keempat, memberi maaf kepada orang yang telah melakukan kesalahan. Seringkali pemberian maaf, walau berat terasa, membuat yang bersangkutan merasa lebih sehat jiwanya. Sebab, dendam dan sakit hati berkepanjangan hanya akan membuat kehidupan terasa sempit. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *