Penerimaan Mahasantri Baru Selesai

RANGKAIAN TES: Calon mahasantri putra tengah menjalani wawancara.

 

RANGKAIAN penerimaan mahasantri baru putra dan putri di Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember sudah selesai dilaksanakan. Total ada 44 mahasantri baru yang diterima dan menjalani proses daftar ulang.

Jumlah mahasantri putra yang diterima sejumlah 18 orang. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Jember, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Jawa Barat, NTB, Kalimantan Barat, dan sebagainya. Sedangkan mahasantri putri yang diterima sejumlah 26 orang, yang juga berasal dari berbagai daerah.

Semua mahasantri baru itu menjalani berbagai tes sejak 1 sampai 3 Mei. Tes masuk itu meliputi Bahasa Arab lisan dan tulis, tsaqofah Islamiyah, qiroatul kutub, tahfidz tulis, tajwid, tahfidz lisan, dan banyaknya hafalan.

“Lalu, ada juga tes speed hafalan. Yakni, tes untuk mengukur kecepatan hafalan seseorang. Dengan melihat hasil tes speed hafalan itu kami bisa memperkirakan dia mampu mencapai target atau tidak saat mondok nanti,” ujar Ustadz Didik Hariadi, SPdI, Al Hafidz, kabag akademik Ibka Putra Jember.

Di tes speed hafalan itu, peserta seleksi mendapat tugas menghafal satu halaman Alquran dalam satu jam. Selanjutnya, peserta menyetorkan hafalan yang dicapai dalam satu jam kepada penguji.

Mahasantri baru yang diterima diumumkan pada 4 Mei. Hari itu pula mereka melakukan daftar ulang sampai 5 Mei. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *