Santri Putri Gelar Lomba Pidato Akbar

JUARA: Para pemenang lomba pidato akbar bahasa Arab dan Inggris di PPA Ibka Putri Jember.

 

PARA mahasantri putri Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putri Jember menggelar Lomba Pidato Akbar dalam bahasa Arab dan Inggris. Hal ini bertujuan untuk mengasah kemampuan para santri dalam berbahasa asing.

Lomba ini diikuti oleh semua mahasantri angkatan 2 sampai 4. Mahasantri angkatan 1 tidak terlinat di acara ini karena tengah menjalani karantina dalam rangka persiapan Wisuda Quran 2018.

Untuk lomba pidato bahasa Arab diambil 7 orang dari perwakilan masing-masing kelompok. Sedangkan dalam lomba pidato bahasa Inggris diambil 8 orang dari perwakilan masing-masing kelompok.

Menurut Ustadzah Suciati Rahmatillah, penanggung jawab kegiatan tersebut, para finalis adalah seorang perwakilan kelompok pidato yang nilainya paling tinggi. Para finalis diminta membuat teks pidato maksimal 2 halaman folio dengan tema Membangun Generasi Qurani Zaman Now.

Setiap teks pidato harus mendapat acc dari Ustadzah Suci lebih dulu. “Meski diminta membuat teks pidato, saat pidato finalis tidak boleh membawa teks,” katanya.

Masing-masing finalis diberi waktu 7 sampai 10 menit untuk menyampaikan pidatonya. Dengan lomba ini, diharapkan para mahasantri memiliki kemampuan retorika yang baik. Sebab, sebagai penghafal Alquran, para mahasantri juga membawa misi sebagai dai. “Dai yang profesional harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik,” ujar Ustadzah Suci.

Program penguatan bahasa asing ini, kata dia, berjalan sepanjang tahun. Setiap pekan para mahasantri berlatih pidato. Di semester ganjil, para mahasantri berlatih pidato bahasa Arab dan semester genap pidato bahasa Inggris.

Usai lomba pidato itu, pengurus Ibka Putri melantik pengurus JMK (jamiyah khitobah). Ini adalah pengurus yang diisi para santri untuk mengawal program bahasa asing. Pengurus JMK dilantik untuk masa tugas 2008 – 2019. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *