MAJLIS DHUHA EDISI RAMADHAN: Berkumpulnya 3 Keutamaan Amal

 

MAJLIS Dhuha (MD) edisi Ramadhan ini sangat istimewa. Apanya yang istimewa?

Pertama, dilaksanakan di bulan termulia: Ramadhan.

Kedua, diisi oleh dai nasional, Ustadz Salim A. Fillah, yang dikenal sebagai penulis puluhan buku Islami best seller dengan pilihan kata yang selalu indah.

Ketiga, bertepatan dengan milad ke-6 MD. Sebuah usia yang lebih dari cukup untuk mengukur kekokohan pondasi pelaksanaan sebuah majelis ilmu.

Bukan hanya itu. MD edisi spesial Ramadhan plus milad ini, berkumpul 3 keutamaan amal sekaligus. Bagi orang yang haus keberkahan amal shalih, pasti tidak melewatkan MD edisi Ramadhan ini.

Apa saja 3 keutamaan amal shalih yang terkumpul di MD edisi Ramadhan ini?

 

PERTAMA: Mulia karena Hadir di Majelis Ilmu dan Dzikir

Menghadiri majelis ilmu dan dzikir adalah sunnah yang amat dianjurkan. Betapa banyak keutamaan yang diraih orang yang hadir di majelis ilmu.

Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju surga. (HR.Muslim)

Siapa yang keluar rumah untuk menuntut ilmu syar’i, maka ia berjihad di jalan Allah hinggah ia kembali. (HR At Tirmidzi)

Hadir ke MD, Anda akan diajak berzikir bersama. Bila tidak datang terlambat, pasti jamaah akan diajak membaca zikir Al Ma’tsurat bersama-sama, zikir-zikir yang bersumber dari hadits Rasulullah, yang biasa beliau baca di pagi dan sore hari. Termasuk, mambaca zikir Asmaul Husna.

Dan kita tahu, betapa istimewanya orang yang hadir di majelis dzikir di sisi Allah.

Tiada suatu kaum duduk dalam majelis dzikir kepada Allah (majelis Ilmu), pasti dikelilingi malaikat, diliputi rahmat Allah, diturunkan kepada mereka ketenangan dan nama mereka disebut Allah di depan para malaikat-Nya. (HR Muslim)

 

KEDUA: Doa Bersama dalam Kondisi Puasa

Di akhir MD, pasti ada muhasabah dan doa bersama. Sehingga, yang hadir di MD nanti adalah orang yang mendapat kesempatan untuk didoakan ratusan, atau mungkin ribuan, jamaah yang lain. Sebab, doa yang dilantunkan pasti diaminkan oleh jamaah yang lain.

Subhanallah… Kita tidak tahu, dari lisan siapa doa kita ini akan dikabulkan. Apalagi, doa itu dipanjatkan dalam keadaan berpuasa. Dan kita tahu, doa orang yang dalam kondisi berpuasa tidak akan tertolak. Pasti akan dikabulkan.

 

KETIGA: Kesempatan Sedekah di Pagi Hari

Jika Anda hadir di MD, maka Anda mendapat kesempatan untuk bersedekah di pagi hari. Betapa mulianya orang yang sedekah di pagi hari, dan betapa hinanya orang yang meninggalkan sedekah di pagi hari.

Sebab, orang sedekah di pagi hari akan didoakan kebaikan oleh malaikat. Sebaliknya, orang yang tidak bersedekah di pagi hari akan didoakan keburukan oleh malaikat.

Tidak ada satu Subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah, kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu diantaranya berdoa, “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak.” Sedangkan satunya lagi berdoa, “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Al Bukhari)

 

Jadi… Bila Anda hadir ke MD pada Ahad nanti, hadirnya Anda saja sudah berpahala, dzikirnya Anda berpahala, fokus mendengar tausiyah berpahala, berdoanya saja berpahala dan makbul, dan sedekahAnda menyempurnakan pahala Anda di pagi itu.

Siap menyempurnakan keberkahan pagi, Ahad nanti? (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *