REKOR! Majlis Dhuha Dihadiri Lebih 1.500 Jamaah

MEMBELUDAK: Jumlah jamaah yang hadir di Majlis Dhuha (MD) edisi Ramadhan 1439 H/2018 M lalu diperkirakan yang terbesar selama pelaksanaan MD.

 

PELAKSANAAN Majlis Dhuha (MD) edisi spesial milad ke-6 di bulan Ramadhan memecahkan rekor. Setidaknya, ada dua rekor yang dipecahkan sejak MD berdiri pada 27 Mei 2012 lalu.

Rekor pertama adalah jumlah jamaah. Manajemen MD memperkirakan, jumlah jamaah yang hadir diperkirakan lebih dari 1.500 orang. “Kami siapkan 1.200 amplop donasi, dan masih banyak sekali jamaah yang saat itu belum kebagian,” kata Direktur MD Hari Setiawan.

Indikasi lainnya adalah parkir kendaraan. Hampir tidak ada lahan kosong di sekitar Puslitkoka Patrang yang tidak diisi kendaraan jamaah, baik roda 2 maupun roda 4. “Mulai dari lahan kantin puslit, gang di barat kantin, halaman LPM Unej, halaman depan puslit, halaman ruko seberang puslit, halaman gedung Bhayangkara, bahkan sampai pinggir Jalan PB Sudirman. Subhanallah,” sambungnya.

Rekor kedua adalah waktu kehadiran jamaah. Sebab, ada jamaah yang hadir sejak waktu sahur dan shalat Subuh di masjid puslit. Khusus MD edisi Ramadhan ini, manajemen memajukan pelaksanaan dari biasanya pukul 06.00 menjadi 05.00. “Bahkan, pukul 05.15 saya lihat laporan teman-teman manajemen lebih dari setengah area pengajian sudah penuh jamaah. Kendaraan yang hendak parkir terus mengalir tanpa henti,” ungkap Hari.

Sejak Ustadz Salim A. Fillah mengonfirmasi bisa hadir ke MD, Hari mengakui, manajemen MD mulai merancang rencana untuk mengantisipasi membeludaknya jamaah. Bukan karena narasumber yang berkelas nasional, tetapi suasana Ramadhan lebih memungkinkan jamaah tambah semangat hadir di pengajian.

Karena itu, sejak dua bulan lalu manajemen MD merencanakan untuk menggelar pengajian di luar ruangan. “Sebab, MD yang biasanya saja aula puslit sudah tidak mampu menampung jumlah jamaah. Apalagi bila Ustadz Salim yang hadir, kami yakin jumlah jamaah bisa 2 sampai 3 kali lipat dari biasanya,” tandasnya.

Meski demikian, mewakili manajemen MD, Hari meminta maaf kepada jamaah bila belum bisa memberikan pelayanan terbaik. Pihaknya mengakui masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan MD tersebut. “Catatan terbesar bagi kami di manajemen MD adalah kualitas sound system dan pengaturan parkir. Kami mohon maaf atas semua ketidaknyamanan tersebut,” pintanya. (*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *