Santri MADINA Jalani Orientasi

ORIENTASI: Santri angkatan 1 MADINA di hari pertama Masa Orientasi MADINA (MOM), Senin (9/7).

 

SANTRI baru Madrasah Diniyah Alquran (MADINA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember sejak Senin (9/7) menjalani Masa Orientasi MADIAN (MOM). Sebanyak 30 santri angkatan 1, yang terdiri dari 10 putra dan 20 putri ini, menjalani masa pengenalan lingkungan mulai dari pukul 07.00 sampai 10.00.

Pada hari pertama Senin lalu, para santri yang setara kelas 1 SD itu menjalani kegiatan perkenala dengan para asatidz MADINA. Selain itu, mereka juga saling berkenalan antarsantri.

Hari kedua, para santri tersebut menjalani kegiatan pengenalan lingkungan. Mereka diajak berkeliling ke lingkungan pondok, mulai dari kantor MADINA, kelas, kantor pondok, dan lingkungan sekitar. “Harapannya mereka akan lebih mudah adaptasi dengan lingkungan baru,” kata Ustadz Syamsul Haidi, SPdI, Al Hafidz, kepala MADINA.

PENGENALAN LINGKUNGAN: Para santri MADINA diajak berkeliling di lingkungan sekitar yang satu kompleks dengan Pondok Pesantran Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember.

 

Nantinya, di hari ketiga para santri itu akan diperkenalkan dengan matan-matan yang harus dihafal selama nantinya menjalani masa pembelajaran. Di hari berikutnya, para santri tersebut akan diperkenalkan dengan tahsin dan taknis kegiatan belajar mengajar yang akan mereka jalani.

Sedangkan di hari kelima, pengasuh MADINA akan mengenalkan olahraga apa yang akan dilatih selama proses belajar mengajar. “Di sela-sela itu semua, mereka juga diajari tata cara wudhu yang benar, gerakan shalat, bacaan shalat, sampai adab makan dan minum,” terang Ustadz Syamsul Haidi.

MADINA merupakan lembaga pendidikan nonformal setara SD. Kurikulum utamanya adalah Alquran. Tetapi, para santri tetap mendapat asupan ilmu umum yang lain. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *