Alhamdulillah, Ibka Terima Hibah Mobil Kijang

SERAH TERIMA: Ustadz Neman Agustono, SAg (wakil mudir Ibka) dan Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz (mudir Ibka) menerima dokumen kendaraan hibah dari Budiono, Jumat (13/7).

 

BERITA gembira datang dari Budiono. Pria yang sudah purna tugas sebagai PNS di Fakultas MIPA Universitas Jember (Unej) ini, Jumat (13/7) pagi, datang ke kantor Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember di Jl Mangga, Patrang.

Ke staf kantor pesantren, Budiono mengutarakan maksud kedatangannya untuk mendonasikan sebuah asetnya: mobil Kijang super tahun 1995. Kepada staf kantor, dia mempersilakan pengurus Ibka untuk melihat langsung kondisi mobilnya di rumahnya di Kelurahan Karangrejo, Sumbersari.

Permintaan itu direspons pesantren. Dua orang pengurus, Ustadz Agus Rohmawan dan Ustadz Said Darmono, mengecek langsung kendaraan yang terparkir di rumah Budiono.

Mengenai motivasinya mendonasikan mobil tersebut ke Ibka, Budiono ingin mendapat ganti yang lebih baik dari Allah SWT. “Dengan ganti yang lebih baik itu, agar bisa jariyah lagi, jariyah lagi,” kata Ustadz Said, menirukan ucapan Budiono.

Kepada dua pengurus tersebut, Budiono menyatakan, akad donasinya adalah hibah. Dia mengaku tidak ingin memberatkan pengurus Ibka dengan mengakadkan sebagai barang wakaf. Bila berstatus wakaf, pesantren tidak bisa mengalihbentukkan wakaf tersebut, apalagi menjualnya.

“Beliau menghibahkan mobil itu karena tidak ingin memberatkan pesantren. Bila memang dianggap lebih bermanfaat dengan menjual mobil yang telah dihibahkan, tidak ada masalah,” tutur Ustadz Said, yang menggawangi aset di Ibka.

Sore harinya, dilakukan akad dan serah terima hibah mobil antara keluarga Budiono dengan Ibka. Akad dilakukan antara Budiono dengan Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, selaku mudir Ibka. Setelah akad, Budiono menyerahkan semua dokumen dan surat kendaraan kepada Ibka.

Selanjutnya, Ustadz Abu memimpin doa bersama. Harapannya, Allah SWT memberi ganti yang lebih kepada keluarga Budiono, memberikan berkah dunia akhirat.

Ustadz Abu menyampaikan terima kasih kepada Budiono dan keluarga atas hibah kendaraan tersebut. “Insya Allah kendaraan Pak Budiono sangat bermanfaat bagi para santri dan kegiatan pondok. Yang paling utama kendaraan itu bisa dipakai antar jemput santri kuliah dari pondok ke kampus. Apalagi, sekarang jumlah santri kami bertambah,” terang Ustadz Abu. (*)

CEK: Ustadz Agus Rohmawan (kiri) dan Ustadz Said Darmono (kanan) usai mengecek langsung kendaraan yang dihibahkan oleh Budiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *