Allahu Akbar! Ibka Juara 2 MTQ Nasional Jamiyatul Qura wal Hufadz

HARUMKAN JEMBER: M. Saifuddin Amin (kanan), mahasantri Ibnu Katsir Jember, menjadi juara 2 dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) nasional yang diselenggarakan Jam’iyatul Qura wal Hufadz di Karawang (11-16/7).

 

DARI Jember untuk Indonesia. Perjuangan Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember untuk menggaungkan Jember sebagai bumi Alquran tidak pernah berhenti.

Wujud nyata perjuangan itu, antara lain, dengan mengirimkan para santrinya ke berbagai event Alquran regional dan nasional. Setelah berhasil meraih dua juara di Olimpiade Pecinta Quran (OPQ) 2 di Surabaya, pekan lalu, prestasi cemerlang kembali diukir seorang santri pesantren yang berpusat di Jl Mangga 18, Patrang, ini.

Adalah M. Saifuddin Amin, santri angkatan 4 Ibka, mencatatkan namanya sebagai peraih juara 2 dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) kategori Musabaqah Hifdzil Quran dan tafsir berbahasa Arab yang diselenggarakan Jam’iyatul Qura wal Hufadz di Karawang, Jawa Barat (11-16/7). “Kabar ini kami terima Ahad (15/7) malam,” kata Ustadz Agus Rohmawan, humas Ibka.

Bagi santri yang akrab disapa Amin ini, prestasi di event tingkat nasional ini bukan yang pertama. Sudah belasan kali Amin, baik secara individu maupun beregu, memenangkan event Alquran, baik tingkat nasional, regional, dan lokal.

Bahkan, tahun lalu mendapatkan hadiah umrah saat menjadi juara 1 dalam lomba Alquran nasional di Masjid Namira, Lamongan. “Doakan santri kami ini bisa istiqomah, terus berprestasi dan membawa manfaat bagi umat, serta tetap tawadhu. Bagaimana pun, semua nikmat ini datangnya dari Allah SWT,” sambung Ustadz Agus.

Kemampuan akademik dan Alquran santri asal Banyuwangi ini memang menonjol. Selain menguasai bahasa Arab dengan baik, kemampuan bahasa Inggris-nya pun cukup bagus. Bahkan, kecepatan dalam menghafal hadits pun tergolong menonjol.

Subhanallah walhamdulillah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *