Ibka Nikahkan 4 Pasang Hafidz-Hafidzah

INI adalah bagian dari sejarah Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Jember. Pesantren yang berdiri sejak 2011 ini akan menikahkan 4 pasangan hafidz-hafidzah. Ibka menyebutnya sebagai Nikah Qurani.

“Ini adalah cita-cita kami. Tidak hanya mencetak penghafal Quran yang mutqin, mampu berbahasa Arab, dan bergelar sarjana. Melainkan juga bisa menikahkan mereka, para pasangan hafidz dan hafidzah,” kata Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, mudir Ibka.

Diakui Ustadz Abu, menikahkan sepasang anak sebagaiman lazimnya sebuah pernikahan lainnya kadang tidak mudah. Di dalamnya terdapat berbagai proses yang rumit karena mempertemua banyak keingainan orang. Tidak hanya keinginan mempelai, melainkan juga dua keluarga besar.

Tetapi, menurut dia, Allah memberi banyak kemudahan kepada Ibka untuk menikahkan keempat pasangan ini. “Proses awalnya memang bukan baru saja. Pendekatan dan pemberian pemahaman sudah berlangsung sejak beberapa waktu. Semoga Allah memberi kemudahan sampai akad nikah nanti hingga tasyakuran bersama masyarakat dan donatur,” harapnya.

Keempat pasangan hafidz dan hafidzah itu adalah Syamsul Haidi dengan Sa’adah, Hudzaifah Al Ayubi dan Aminatus Zuhro, Ruhul Muhammad dan Aisyah, serta Ahyak Ulumudin dan Istibsyaroh. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *