SMKIT Gelar Perkemahan Qurani

SEMUA santri SMKIT Ibnu Katsir (Ibka) Jember pada 24 – 26 Agustus 2018 melaksanakan Kemah Pelajar Qurani (KPQ). Kegiatan di luar ruang itu dilaksanakan di Panti.

Kegiatan ini mengambil waktu akhir pekan setelah Idul Adha. “Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pembinaan karakter para santri. Seperti karakter kejujuran, saling menolong, dan kedisiplinan,” kata Ustadz Roviul Rizal, salah seorang guru SMKIT Ibka.

Dalam kegiatan ini, para santri dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setelah itu, mereka harus mempersiapkan sendiri berbagai kebutuhan kelompok selama perkemahan. Mulai dari tenda, alat masak, dan sebagainya.

Meski di luar ruangan, mereka juga masih diwajibkan menjaga berbagai amal Islami. Seperti shalat berjamaah, tilawah Quran, zikir pagi dan petang. “Tentunya juga kewajiban menjaga kebugaran fisik. Karena muslim yang kuat lebih dicintai Allah,” sambung Ustadz yang biasa disapa Rizal ini.

Pada Sabtu petang, para santri mengikuti long march. Perjalanan dengan jalan kaki itu menyusuri berbagai medan, mulai kebun, sungai, dan sebagainya. Lalu finish di lokasi semula. “Penekanan kegiatan ini ini pembinaan karakter, mental, dan fisik,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *