Calon Wisudawan Tasmi’ Quran di Depan Orang Tua

UJIAN HAFALAN: Saifuddin Amin (pegang mik), calon wisudawan Quran, tasmi’ Quran di depan ibunda (dua dari kanan).

 

PARA santri yang akan mengikuti Wisuda Quran 4 Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir Jember sejak Rabu sampai Kamis (5-6/9) menjalani tasmi’ Quran. Ini adalah salah satu syarat agar mereka bisa mengikuti Wisuda Quran.

Tasmi’ Quran adalah membaca semua hafalan Quran dengan disimak oleh adik-adik angkatan dan orang tua. Sebanyak 22 santri putra dan putri menjalani tasmi’ di berbagai rumah para pengurus pesantren dan donatur.

Sebagian santri sudah memulai tasmi’ sejak setelah shalat Subuh. Tetapi, ada pula yang memulainya sekitar pukul 06.00. “Tasmi’ ini salah satu syarat santri untuk wisuda. Harus lancar minimal 20 juz, di mana maksimal kesalahan per juz 10 kali. Lebih dari itu, tidak bisa naik panggung wisuda,” kata Ustadz Abu Hasan, SPd, Al Hafidz, mudir Ibka.

Para orang tua santri yang diwisuda memang mulai berdatangan sejak Selasa malam. Mereka menginap di beberapa rumah pengurus dan donatur yang bersedia dijadikan sebagai rumah singgah.

Beberapa santri menyelesaikan tasmi’ dalam waktu yang relatif singkat. Misalnya, Aminatus Zuhro, santri putri yang akan wisuda. Dia memulai tasmi’ sekitar pukul 03.00. Dengan jeda shalat Subuh dan sarapan, santri asal Madura itu menyelesaikan tasmi’ 30 juz pukul 12.00.

Sedikit berbeda dengan Saifuddin Amin. Santri putra yang akan diwisuda itu memulai tasmi’ di depan ibunda sekitar pukul 06.00 dan menyelesaikan tasmi’ 30 juza lancar pukul 14.15. “Nanti jajaran asatidzah akan syuro mengevaluasi hasil tasmi’ dan uji publik Jumat nanti sebelum memutuskan siapa yang berhak naik panggung wisuda. Termasuk, memutuskan siapa yang menjadi wisudawan terbaik,” pungkas Ustadz Abu. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *