Antusias Hadiri Akad Nikah Quran

NIKAH: Prosesi akad nikah 4 pasang hafidz-hafidzah alumni Pondok Pesantren Alquran Ibnu Katsir Jember dipotret dari lantai 2 Masjid Ibnu Katsir di Rembangan, Ahad (9/9).

 

SEJARAH penting tercipta bagi Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir Jember. Untuk pertama, pesantren secara resmi menyelenggarakan Pernikahan Quran bagi 4 pasang alumni yang hafidz dan hafidzah.

Ahad (9/9), pesantren menikahkan 8 alumninya: Hudzaifah Al Ayyubi dengan Aminatus Zuhro; Syamsul Haidi dengan Sa’adah; Ruhul Muhammad dengan Aisyah Aqidatul Muslimah; dan Ahyak Ulumuddin dengan Istipsaroh.

Rangkaian prosesi akad nikah dilaksanakan tepat pukul 07.00 di Masjid Ibnu Katsir di Rembangan. Selain dihadiri keluarga besar 8 orang mempelai, acara sakral itu dihadiri puluhan undangan lain serta para santri putri dan santri SMKIT Ibnu Katsir.

Tamu dari kalangan yayasan pesantren pun hampir lengkap. Mulai dari Ketua Yayasan Ibnu Katsir KH Khoirul Hadi, Lc; serta dari kalangan dewan pembina Ir Endang Sulaiman, KH Muhammad Thamrin (Gus Thamrin), Kosala Dwija Purnomo. Dari kalangan muwakif dan muwakifah pesantren pun hampir lengkap.

Bahkan, panitia menerima laporan bahwa banyak pula para jamaah yang hadir atas inisiatif sendiri demi menyaksikan akad nikah para penghafal Alquran. “Kami ingin hadir langsung di akad nikah. Walau tidak mendapat fasilitas seperti undangan yang lain kami tidak masalah,” kata seorang tamu yang selama ini belajar Alquran bersama Gemma, lembaga pendidikan Alquran di Ibnu Katsir untuk masyarakat umum.

Antusiasme para tamu sudah tampak sejak sebelum acara dimulai. Aula masjid yang cukup luas pun terasa sempit. Semua berjejalan, walau panitia sudah membagi tamu dalam beberapa kelompok.

Saat 8 mempelai hadir, para mempelai pria langsung duduk di depan 4 meja kecil yang sudah disiapkan panitia. Mereka didampingi para ayah, serta dua orang saksi dari masing-masing keluarga. Prosesi ijab qobul dimulai dari Hudzaifah, lalu Syamsul, Ruhul, dan Ahyak.

Ayahanda Aminatus Zuhro awalnya hendak menikahkan langsung anaknya dengan Hudzaifah. Tetapi, belum sempat mengucapkan kalimat ijab, sang ayah menangis sesenggukan. Hampir 5 menit lamanya suasana hening. Sebagian tamu menitikkan air mata.

Walau sudah ditenangkan oleh saksi yang juga putranya, ayah Aminatus Zuhro tetap tidak kuasa melanjutkan kalimat ijab. Akhirnya, pasrah wali kepada Ustadz Abu Hasan. Ustadz Abu lantas menerima pasrah wali dari ayah Aminatus Zuhro, dan menikahkan Hudzaifah dengan Aminatus Zuhro. Dengan lancar Hudzaifah membaca kalimat qobul. Sah: Hudzaifah menjadi suami dari Aminatus Zuhro.

Lalu, dilanjutkan pasangan Syamsul dan Sa’adah. Ayah Sa’adah langsung yang menjadi wali nikah, dan prosesi pembacaan ijab qobul pun lancar. Dilanjutkan dengan ijab qobul pasangan Ruhul – Aisyah serta Ahyak – Istipsaroh. Untuk dua pasangan terakhir, orang tua mempelai putri pasrah wali kepada KH Khoirul Hadi, Lc.

Setelah semua proses tanda tangan administrasi selesai, dilanjutkan dengan prosesi sungkeman mempelai kepada orang tua masing-masing. Kemudian, para mempelai pria bersalaman dengan semua tamu pria dan para mempelai perempuan bersalaman dengan semua tamu perempuan.

DIKAWAL POLISI: Mobil patroli pengawalan Satlantas Polres Jember siap mengawal iring-iringan mobil pengantin dari Masjid Ibnu Katsir Rembangan ke pesantren putra.

 

Bila berangkat ke lokasi akad nikah para mempelai dipisah, saat kembali ke pesantren putra untuk hadir di tasyakuran Pernikahan Quran, para mempelai berada di mobil dengan pasangan masing-masing. Ada empat mobil lengkap dengan asesoris bunga dan pita yang disiapkan panitia. Untuk menuju ke pesantren, iring-iringan mobil pengantin dibuka oleh mobil patroli pengawalan Satlantas Polres Jember.

Di pesantren putra, para udangan tasyakuran Pernikahan Quran sudah menanti para pengantin. Selanjutnya, mereka ditampilkan di panggung bersama para orang tua masing-masing. Rangkaian acara tasyakuran ditutup dengan makan tumpeng bersama. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *