Ibka Peduli Bakti Sosial Bencana Banjir di Tempurejo Jember

Dengan sigap, Ustadz Abdullah selaku Manajer Ibka Peduli mengerahkan belasan Mahasantri PPA Ibnu Katsir 1 yang dibagi dalam dua kelompok selama dua hari untuk menjadi relawan bakti sosial dalam bencana banjir yang melanda Kecamatan Tempurejo pada 15 Januari 2021 lalu. Di Kecamatan Tempurejo sendiri, ada tiga desa yang terendam banjir yakni Desa Andongrejo, Curahnongko, dan Wonoasri dengan ketinggian hingga 1,2 meter, sehingga dilakukan evakuasi terhadap warga ke tempat yang aman.

Bekerjasama dengan BSMI, para mahasantri menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji untuk dibagi-bagikan pada warga terdampak. Memang tidak ada korban jiwa, namun kerugian material yang harus dialami masyarakat cukup besar. Ada ratusan rumah dan keluarga yang terdampak langsung dari banjir ini

Menurut warga sekitar, banjir tersebut terjadi karena memang daerah tersebut termasuk daerah hilir, sehingga seringkali terjadi banjir, sekalipun tidak sebesar ini. Selain itu, banyaknya sampah yang menyumbat resapan air juga diperkirakan menjadi sebab terjadinya banjir.

Ibnu Katsir, melalui tim Ibka Peduli siap untuk menyalurkan bantuan dari para dermawan untuk diberikan kepada yang masyarakat yang terdampak.