Seleksi Tahap 2 Madina : Mengenal Komitmen Orangtua & Progress Calon Siswa

Sebagai sekolah yang memiliki harapan agar peserta didiknya bisa khatam hafalan Al-Qur’an sebelum lulus SD, Madina Ibnu Katsir tentu saja memiliki beberapa tahap seleksi untuk mengetahui kelayakan calon murid yang ingin bergabung dengan sekolah yang baru didirikan 3 tahun lalu ini.

Sebagaimana pada tanggal 1 – 14 Februari 2021 ini, diadakan seleksi tahap II untuk menilai progress bacaan dan kemampuan talaqqi dari calon murid yang akan ”diuji” selama 2 pekan. Tak hanya itu, komitmen orang tua untuk membimbing di rumah juga menjadi poin penilaian dalam seleksi ini.

Sebanyak 35 calon siswa dibagi menjadi 7 halaqah kecil. Dalam halaqah, mereka akan dilatih kemampuan talaqqi dan bacaannya, serta dinilai perkembangannya. Mereka harus mengikuti ujian ini selama 1 jam tiap hari aktifnya. Adapun di hari libur, mereka cukup menjalani ujian dengan mengerjakan tugas dari para musyrif-musyrifah dirumah masing-masing.

Harapan dari ujian ini adalah, anak-anak menjadi kenal dan terbiasa dengan program harian dari Sekolah Quran dan Adab Madina Ibnu Katsir.