"Muhasabah Cinta" Santri PPA Ibnu Katsir 3

Bagi yang pernah melewati masa remaja, pasti setuju jika masa itu adalah saat dimana perasaan suka ke lain jenis mulai berbunga-bunga. Nah, karena PPA Ibnu Katsir 3 adalah pesantren dan sekolahnya para remaja, tentu saja tindakan preventif harus dilakukan agar perasaan-perasaan tersebut tidak menjadi hal yang akan menjauhkan diri mereka dari Allah dan juga merusak pembelajaran agama dan akademik yang sedang mereka tempuh. Dalam hal ini, pengurus PPA Ibnu Katsir 3 mendatangkan Ustadz Neman Agustono, M.Pd.I., untuk membimbing para santri agar mereka bisa mengekspresikan cinta dengan benar.

Seluruh santri dihadirkan di Masjid SMKIT Ibnu Katsir pada 18 Februari 2021 untuk mengikuti bimbingan yang langsung disampaikan oleh┬áMudir ‘Am Ibnu Katsir. Seba’da ashar hingga menjelang maghrib, mereka antusias menyimak nasehat demi nasehat yang disampaikan oleh Ustadz Neman.

Seluruh santri PPA Ibnu Katsir 3 yang juga siswa dari SMKIT Ibnu Katsir diarahkan untuk terlebih dulu memperhatikan cinta mereka pada Allah sebelum cinta pada selain-Nya, karena salah satu tanda iman itu dibuktikan dengan rasa cinta pada Allah. Adapun jika ada cinta-cinta lainnya sampai menjauhkan mereka pada Allah, maka, cara yang paling efektif untuk mengekangnya adalah dengan berpuasa.
Selama kegiatan berlangsung, tidak terhitung berapa banyak para santri tersenyum tersipu karena nasehat-nasehatnya nyrempet kondisi hati mereka.