Belajar Sejarah PKI, Ibnu Katsir Datangkan Purnawirawan TNI AD

Biasanya, para mahasantri PPA Ibnu Katsir 1 menyelenggarakan nobar (nonton bareng) film G30SPKI tiap 30 Spetember tiap tahunnya. Namun, pada tahun ini pengurus berinisiatif untuk mengingat sejarah kekejaman PKI dengan mendatangkan pemateri luar biasa dalam sebuah sesi seminar sederhana yang diadakan di Gazebo Yayasan Ibnu Katsir pada 30 Oktober secara Hybrid, luring bagi para mahasantri Ibnu Katsir 1, dan daring bagi yang lain melalui instagram @ppa_ibnukatsir1.

Pemateri yang didatangkan adalah KH. Matsaan Abdussalam, seorang purnawirawan TNI AD yang pernah menjadi bagian dari pasukan Garuda di Mesir yang pernah sukses mengusir Israel di perbatasan Mesir. Beliau mengupas banyak sekali mengenai PKI, dari awal mula berdirinya komunis di negara barat, China, hingga sampainya paham komunisme di Indonesia.

KH. Matsaan menyampaikan bahwa salah satu ciri khas dari partai komunis adalah keinginan mereka menguasai suatu negara dengan cara membunuh pemimpin-pemimpin di negara itu terlebih dahulu. Itulah yang kemudian menjadi latar belakang terbunuhnya 7 perwira terbaik negeri ini yang dihabisi secara keji oleh Partai Komunis Indonesia pada 30 September 1965 lalu.

Seminar sederhana ini ternyata dinilai lebih “masuk” bagi para mahasantri untuk mengenal siapa PKI yang sebenarnya. Penting sekali memang mengenalkan sejarah masa lalu bangsa ini agar bagian kelam dari sejarah tidak terulangi di masa depan. Harapannya, para mahasantri yang kini sedang menempa diri dan keilmuan mereka turut menjadi para penjaga-penjaga keutuhan bangsa Indonesia.