Kemah SMKIT Ibnu Katsir

Generasi yang memiliki karakter baik dan tangguh tidaklah terbentuk begitu saja. Ada proses panjang nan berat yang harus dilalui untuk membentuk generasi harapan penerus bangsa yang seperti itu. Dalam hal ini, SMK-IT Ibnu Katsir menyelenggarakan agenda berkemah sebagai kegiatan rutin tahunan untuk menempa siswa SMKIT yang juga santri PPA Ibbnu Katsir 3 agar karakter mereka semakin baik dan semakin tangguh lagi.

Tahun ini, kegiatan berkemah dilaksanakan di desa Suci pada 1-3 Oktober untuk siswa laki-laki, dan 8-10 Oktober untuk siswa perempuan. Saat berkemah, para santri dilatih untuk jauh dari kenyamanan dan fasilitas, bersabar atas ketidaknyamanan dan juga dilatih untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.

Ada banyak hal yang mereka lakukan saat berkemah. Mendirikan tenda untuk tempat tinggal, memasak sendiri, baris-berbaris, jelajah alam, kunjungan sentra industri, bakti sosial, api unggun, hingga pentas seni. Tentu saja, sebagai santri, mereka juga selalu mengadakan sholat jamaah tepat waktu, quiyamul lail, muhasabah, dan tilawah al-Qur’an.

Di penghujung kemah, para siswa SMKIT melakukan long march, yaitu berjalan kaki dari lokasi kemah hinga ke PPA Ibnu Katsir 3 yang terletak di Rembangan! Capek memang sangat terasa, namun, para santri tetap saja bergembira karena momen inilah yang memang mereka senantiasa tunggu di tiap tahunnya.

Semoga program ini tetap dapat berjalan untuk terus menempa para siswa SMKIT Ibnu Katsir agar menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter tangguh!