Classmeeteing Madina Ibnu Katsir

Usai melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS), Madrasah Diniyyah al-Qur’an Ibnu Katsir mengadakan kegiatan classmeeting untuk para santri dan asatidz untuk me-refresh pikiran setelah berjuang melewati ujian selama 1 pekan. Kegiatan classmeeting ini dilaksanakan di lapangan Brigif 509 Jember pada  13-14 Desember 2021 kemarin.

Pada hari pertama, tentu saja santri masih harus merapat di halaqah Qur’an masing-masing untuk melaksanakan kegiatan tahfizh sejak pukul 07.10-08.25. Sekalipun dilaksanakan outdoor, namun sejuknya angin bersemilir dan suasana teduh pepohonan di samping lapangan Brigif membuat suasana jam al-Qur’an yang biasanya begitu berat menjadi tidak terasa. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan lomba lari perkelas yang sekaligus menjadi penilaian untuk ujian mata pelajaran olahraga. Setelah lomba lari selesai dilaksanakan, santri laki-laki memanfaatkan hijaunya rumput lapangan untuk bermain sepak bola, sedangkan santri perempuan bermain estafet bola di jalur lari tepi lapangan.

Pada hari kedua, santri laki-laki diwajibkan untuk mengikuti lomba futsalsetelah jam tahfizh dilaksanakan. Terbagi menjadi 8 tim, mereka saling berkompetisi untuk menajdi tim terbaik yang memenangkan pertandingan hingga final. Setelah final selesai dilaksanakan, giliran para asatidz laki-laki yang bertanding sepak bola. Sekalipun tidak mendapatkan hadiah sebagaimana para santri yang juara, namun pertandingan asatidz berjalan lebih seru dan intens untuk ditonton. Adapun santri perempuan mengadakan lomba tebak hewan dan beberapa lomba lainnya bersama para ustadzah. Sekalipun kegiatan ini lebih melelahkan daripada UAS, namun seluruh civitas Madina Ibnu Katsir nampak berbahagia dengan classmeeting sekaligus refreshing ini.