Santri Ibnu Katsir Laksanakan Program PLP, Belajar Mengabdi di Dunia Pendidikan

Program magang pendidikan kembali dilaksanakan oleh para santri Ibnu Katsir yang kini tengah menempuh perkuliahan di Universitas PGRI Argopuro (Unipar) Jember. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah PLP (Pengenalan Lingkungan Persekolahan) yang wajib diikuti oleh mahasiswa semester 7.

Program ini lahir dari kewajiban akademik para mahasiswa Unipar yang sedang menempuh mata kuliah PLP. Sebagai mahasiswa pendidikan, mereka dituntut mengenal dunia persekolahan secara langsung mulai dari memahami kultur sekolah, mengenali karakter siswa, hingga mengamati teknis proses belajar-mengajar.

Bagi para santri Ibnu Katsir, mata kuliah ini adalah kesempatan untuk mengamalkan ilmu dan berinteraksi dengan para siswa sebagai calon pendidik.

Program PLP ini diselenggarakan oleh Tim PLP FKIP Universitas PGRI Argopuro Jember, yang secara rutin mengoordinasikan penempatan mahasiswa ke sekolah-sekolah mitra serta memantau jalannya kegiatan selama masa praktik.

Selama menjalani PLP, para peserta mengikuti berbagai agenda pengenalan dunia pendidikan. Salah satunya adalah praktik di bidang Bimbingan dan Konseling (BK).
Kegiatan BK yang mereka pelajari dan amati meliputi:

  • Bimbingan klasikal di dalam kelas
  • Bimbingan kelompok
  • Konseling kelompok
  • Konseling individu

Melalui kegiatan ini, mahasiswa dibimbing untuk membantu peserta didik dalam mengenali diri, mengelola emosi, memahami karakter, serta menyiapkan arah karier dan masa depan mereka.

Program PLP untuk santri Ibnu Katsir kali ini dilaksanakan di berbagai tempat, salah satunya adalah SMAIT Al-Ghazali Jember, salah satu sekolah mitra yang bersedia menjadi tempat observasi, praktik, dan pengembangan kompetensi mahasiswa.

Pesantren berharap agenda PLP ini menjadi pengalaman berharga bagi para santri. Dengan terjun langsung ke lingkungan sekolah, mereka dapat belajar memahami dinamika pendidikan secara nyata, meningkatkan kecakapan berkomunikasi dan membimbing siswa, menumbuhkan empati, kedewasaan, dan kemampuan manajemen diri, serta mempersiapkan diri menjadi pendidik yang lebih matang, profesional, dan berakhlak Qur’ani.